Kamis, 27 Oktober 2016

Beberapa Hal yang Berpengaruh pada Harga Berlian



Banyak di antara Anda sekalian yang bertanya berapa sebenarnya harga berlian di pasaran. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa jenis batuan mulia yang satu ini menjadi incaran banyak orang.


Bukan hanya wanita saja, tetapi juga pria yang ingin mengoleksi maupun sebagai investasi menjanjikan di masa depan. Bagi wanita, berlian sudah diidentikkan dengan perhiasan mahal dengan kilauan eksotis saat melihatnya. Saat memakainya, seorang wanita bisa terlihat lebih cantik, anggun, serta menaikkan status sosialnya di tengah masyarakat. Sementara bagi pria, berlian sangat cocok dimiliki karena harganya yang mahal dan tetap ingin memilikinya. Siapa tahu di kemudian hari harganya menjadi lebih mahal dibanding saat membelinya. Dengan begitu, mereka yang memilikinya bisa mendapatkan keuntungan berlipat.

Sebelum bisa membeli dan memilikinya, tentu saja Anda perlu mengetahui informasi mengenai harga berlian. Pasalnya, berlian juga memiliki beberapa macam yang dibedakan menurut kriteria tertentu. Lalu, apa saja kriteria yang dimaksud dan berpengaruh pada harga sebuah berlian? Berikut sedikit informasi yang bisa Anda sekalian baca semoga bermanfaat.

Ciri fisik dari berlian

Ada beberapa ciri fisik yang juga berpengaruh dari harga bandrolannya. Perlu Anda ketahui bahwa Anda biasanya melihat berlian dengan warna bening berkilauan. Namun kenyataannya, berlian memiliki banyak warna. Warna bening berkilauan tersebut hanya satu dari sekian banyak warna yang dimiliki oleh berlian. Selain itu, berlian asli dan harganya mahal tidak akan berkabut dan selalu berwarna kemilauan. Cara pembuktiannya sebagai berikut. Coba hembuskan napas pada berlian tersebut. Jika kabut segera menghilang dengan cepat, sudah pasti berlian itu asli. Namun jika kabut menghilang cukup lama, bahkan hingga digosok-gosok dengan tangan. Sepertinya, berlian yang Anda pegang terbuat dari kaca alias abal-abal.

Namun yang paling menarik, yaitu cara membuktikan mana berlian asli dan palsu dengan cara mudah. Anda cukup memasukkannya ke dalam wadah berisi air tanah atau ledeng. Jika berlian tersebut mengapung berarti asli. Namun jika tenggelam, berarti berlian itu palsu. Hal itu dikarenakan berlian asli memiliki massa jenis kecil, dibanding batuan perhiasan lainnya. Dikarenakan asli, maka harga berlian tersebut juga sangat tinggi.

Sejarah dari berlian dan siapa yang menjualnya

Kemungkinan ada berlian langka yang dijual d pasaran. Berlian langka yang dibandrol dengan harga tinggi, sehingga tidak sembarangan orang bisa melihat ataupun memegangnya langsung. Tidak menutup kemungkinan berlian tersebut sudah dijadikan perhiasan tertentu. Sang pemiliknya mau melepas berlian kesayangannya itu dengan harga yang fantastis.

Anda sebagai salah satu yang tertarik dengan berlian tentu penasaran dengan sejarah dari berlian yang bersangkutan. Pasalnya, semakin lama umur berlian tersebut  maka berbanding lurus dengan harga yang dibandrol. Apalagi jika berliannya mempunyai sejarah yang panjang dan menjadi bagan peristiwa penting. Oleh karenanya. harga berlian yang dibandrol begitu fantastis memang layak dan wajar. Hanya orang kaya saja bisa membeli dan memiliki berlian semacam itu.

Sebelum membelinya, tidak ada salahnya menyelidiki terlebih dulu terkait keaslian dan siapa yang menjualnya. Keaslian dari fisik berlian sudah bisa Anda praktikkan, seperti yang diuraikan di atas. Sementara untuk pemilik dan penjualnya, Anda bisa mencaritahu informasi sedetail mungkin dari berbagai sumber referensi. Misalnya, bertanya kepada orang yang mengenalinya, mencari dari buku atau majalah, hingga browsing di dunia maya dengan bantuan teknologi internet. Semua itu dilakukan agar Anda bisa mendapatkan batu mulia asli sepadan dengan harga berlian yang fantastis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar